MINANO NIHON-GO

Senin, 27 April 2009



Alhamdulillah…akhirnya aku tiba dirumah juga…saat semua aktivitasku hari ini selesai kukerjakan…kupanjatkan selalu do’a untuk-Nya…
Seneng banget dech prend…hari ini aku mendapatkan ilmu banyak…salah satunya pelba atau pelatihan bahasa…aku ikut pelba Bahasa Jepang, yang diadakan oleh UKM BAHASA ASING SAFEL UNY…
Bahasa jepang ini sangat kunanti-nantikan sekali, setelah aku lama vacum nda’ belajar…aku bersyukur hingga suatu ketika aku dapat belajar lagi…semoga cita-cita ku makin mudah untuk terwujud…amin…
Dan sangat sombong sekali kalau hanya aku yang bisa, padahal aku kepengen ilmu yang sudah kudapat tu bisa kuajarkan ma orang lain…
Aku kepengen kalian juga bisa belajar bahasa jepang, bahkan bisa ngomong…biar kalau kalian pintar, aku juga pintar maka dunia ini dapat dipenuhi dengan orang-orang pintar…hehehe, terlalu tinggi apa ya khayalannya…tapi gag papa , yang penting gag Ndangak…
Teman-teman ni materi yang kudapat tadi,,,,selamat membaca,,,,selamat mempelajari dan semoga bermanfaat…

I. PERKENALAN

A. KAIWA (Percakapan)

Satō : Ohayō gozaimasu.
Yamada : Ohayō gozaimasu.
Satō san, kochira wa Maiku Miraa san desu.
Miraa : Hajimemashite
Watashi wa Maiku Miraa desu.
Amerika kara kimashita.
Dōzo yoroshiku.
Satō : Satō Keiko desu.
Dōzo yoroshiku.

Dari perkenalan tersebut dapat kita ambil ilmunya, yaitu kalau memperkenalkan diri sendiri kita tidak boleh memakai akhiran san… Terus kara kimashita di pakai jika tempat tinggal kita diluar kota jogja…Kalau semisal kita berada di jogja dan bertempat tinggal di jogja terus, semisal dari kecil sampai besar maka kita pakai ni sunde imasu. Missal: Suleman ni sunde imasu…artinya saya bertempat tinggal di sleman.

B. Cara Memperkenalkan Diri

Missal saya ya…coba simak baik-baik:

Hajimemashite
Watashi wa Fitri desu
Suleman ni sunde imasu
Dōzo yoroshiku..
Ayo kita pelajari…
Dari perkenalan tersebut dapat kita amati pada kata Hajimemashite dan Dōzo Yoroshiku….
Pada saat kita mau mau memperkenalkan diri, kita awali dengan kata Hajimemashite, selanjutnya dapat kita akhiri dengan Dōzo Yoroshiku.

C. Pola Kalimat

1. Watashi wa Fitri desu.

A. : Anata wa Gakusei desu ka?
B. : Hai, Watashi wa Gakusei desu.
Iie, Watashi wa Sensei dewa arimasen.

Pada pola pertama ini dapat disimpulkan bahwa ketika saya memperkenalkan diri, saya langsung bertanya pada anata (kamu) dengan pertanyaan yang memastikan…”Apakah anda mahasiswa,”…bisa dijawab Iya, saya mahasiswa, atau bisa juga dijawab, tidak saya guru….jika kita mau bertanyaan maka kita dapat menggunakan kata ”Ka”..terus juka kalimatnya positif pasti berakhiran kata desu, sedangkan untuk kalimat yang negative dapat diakhiri dengan kata dewa arimasen..

2. Watashi mo Gakusei desu

A. : AnataAnata mo Gakusei desu ka
Hai, Watashi mo Gakusei
Iie, Watashi wa Gakusei dewa arimasen.

Pola yang kedua ini hampir sama dengan pola yang pertama, letak perbedaannya yaitu pada kata “Mo”, artinya yaitu juga…

Catatan:
Wa adalah partikel dalam Bahasa Jepang tidak memiliki arti tetapi menunjukkan subyek atau pelaku.
Desu adalah partikel pengganti kata kerja digunakan untuk kealimat nominal seperti tobe dalam Bahasa Inggirs
Letak Orang Benda Tempat Arah
Dekat dengan pembicara Kono hito Kore Koko Kochira
Dekat dengan lawan bicara Sono hito Sore Soko Achira
Jauh dari keduanya Ano hito Are Asoko Sochirqa
Kata Tanyanya Dono hito Dore Doko Dochira

Tadi juga terdapat kosa kata…
Di dalam bahasa Jepang, kosa kata baru artinya Atarashii Kotoba.
Ni dia Atarashii kotoba nya…

Watashi : saya
Anata : Kamu
Sensei : Guru
Gakusei : Mahasiswa
Dare : Siapa
Donata : Siapa (halus)
Namae : Nama
Ue : Diatas
Shita : Dibawah
Mae : Di depan
Ushiro : Di Belakang
Naka : Di dalam
Sotō : Diluar
Soba : Di dekat
Kirei : Cantik/Indah
Kawaii : Manis
Migi : Kanan
Hidari : Kiri
Borupen : Bolpen
Kasa : Payung
Hon : Buku
Kutsu : Sepatu
Boshi : Topi
Sandaru : Sandal
Kagi : Kunci
Denwa : Telepon
Jisho : kamus
Shinbun : Koran
Kami : Kertas
Nani/nan: apa
Shukudai: PR
Daigaku : Universitas
Sempai : Senior
Mō : Sudah
Ame : Hujan
Warau : Tertawa
Kaban : Tas
Dare : Siapa
hito : Orang itu
Suneo : Merengek
Suneru : Manja
enpitsu : Pensil
Kyōshitsu : Kelas
Nani : Apa
Isu : Kursi
Kita : Utara
Minami : Selatan
Higashi : Timur
Ni shi : Barat
Susumu : Maju
Daku : Memeluk
Kamu : Menggigit

Tsuzuki imasho : Mari kita lanjutkan
Tsuzuki imasho ka : Apa bisa kita lanjutkan?
Shitsumo ga arimasu ka : Apakah ada pertanyaan?
Jawabannya : Hai, Shitsumo ga arimasu : Jika iya ada pertanyaan
Iie, Shitsumo wa arimasu : Jika tidak ada pertanyaan
Ohayō gozaimasu : Selamat Pagi
Konnichiwa : Selamat Siang
Konbanwa : Selamat Malam
Sayonara : Selamat Tinggal
Oyasuminasai : Selamat Tidur
Hajimemashite : Perkenalkan
Dewa, Mata : Sampai jumpa
Ganbatte Kudasai : Berjuanglah
Omedetō Gozaimasu : Selamat
Otanjyoubi Omedetō Gozaimasu : Selamat Ulang Tahun
Dōmo arigatō Gozaimasu : Terima kasih
Dō ita shimashite : Sama-sama
Osakini : Mari (ketika berjalan dan akan mendahului orang)
Osakini shitsureishimasu : Untuk menyapa ke orang yang lebih tua
Dōzo osakini : Jawaban dari Osakini
Ki o tsukete : Hati-hati ya
Kanpai : Bersulang
Itadakimasu : Selamat Makan
Gochisōsama deshita : Terimakasih makanannya (Setelah makan)
Ogenki desu ka : Menanyakan kabar
Genki desu : Jawaban dari O-genki desu ka/Baik-baik saja
Shitsurei shimasu : Maaf Mengganggu (untuk orang yang lebih tua)
Sumimasen/Suimasen : Maaf/Permisi (lebih halus)
Gomennasai : Maaf
Mada Benkyoshitemasen : Belum Pernah Belajar?
Tsukue no ue : Di atas meja
Nado ga arimasu : Dan sebagainya
Gokurosama deshita/Otsukaresama deshita: Terima kasih sudah bekerja keras.
Banzai : Hore (jika kita mendapatkan kebahagiaan setelah melewati rintangan yang berat, seperti tes, ujian sekolah dll)

Sekian dulu ya teman-teman yang dapat aku sampaikan…semoga dengan sedikit ilmu yang kuperoleh dari pelba bahasa jepang tersebut dapat bermanfaat…selanjutnya besok kalau aku dapat ilmu lagi tak posting kan…terima kasih sudah buka blog ku…jangan lupa kasih comment.
Mataraishu….

0 komentar: