Makna Bekerja

Minggu, 26 April 2009



Saat pertama kali ku buka mata…kupanjatkan do’a dengan penuh cita dan harapan…
“Alhamdulillahirabbil’alamin…Alhamdulillahiladzi Ahyana Ba’dama Ama Tana Waillaihinnusur”

Pagi yang cerah…suara ayam jago kepunyaan ayahku yang membangunkan ku tidur dan segera membuatku beranjak dari tempat tidur…alunan nada adzan yang seakan-akan memanggilku untuk segera mengambil air wudhu dan dilanjutkan bermunajat kepada-Nya…
Sehabis shalat, ku urungkan niat untuk tidak beraktivitas pagi dulu, karena badan ini terlalu capek dan sangat membutuhkan istirahat lagi… Pagi ini, aku benar-benar tidak mau untuk beraktivitas…urungan niat ku ini sangat diterima dengan gembira oleh Mahluk Allah...apalagi kalau aku malas-malasan…pasti mereka akan tertawa kegirangan, dan pasti mereka akan semakin menjadi-jadi dengan mengajak ku kedalam jalannya..Astagfirullah…Sebenarnya siapa c mereka…Siapa lagi kalau bukan Syaiton…Mahluk Allah yang gemar menggoda umat manusia….hehehe

Duduk termenung,…Diam sesaat dan mata menatap jauh keangan-angan itu yang sedang kulakukan pagi tadi…sesaat Ibu ku memanggilku tapi tetap saja aku tidak bisa beranjak dari tempat dudukku…Dan kuhiraukan panggilan itu…
Aku tidak tahu apa yang ada dipikiranku pagi itu…setelah lama berjalan didunia angan-angan, ternyata ketemu juga dengan apa yang aku pikirkan.,..
Saat itu aku mulai paham dengan apa yang terjadi pada diriku…aku dapat merasakan betapa lelah hati, pikiran, dan tubuh ini
Setelah dipikir ulang, ternyata banyak hal yang menyebabkan aku sangat kecapek’an…yang penting sekali yaitu karena aku kurang tepat memanage waktu ku dalam segala aktivitasku…
Memang benar si waktu, tenaga, dan uang adalah unsure pertama yang harus dikorbankan…tetapi apa ya mungkin waktu yang ada pada diriku sebanyak ini bisa mengorbankan Keluarga ku, Kerabat dekat ku, teman-teman ku bahkan kekasih yang kusayangi…atau lebih parah lagi dengan Allah penciptaku…jika memang aku tidak bisa mengatur waktu yang ku punya.,…sebenarnya aku bisa mendapatkan semuanya jika aku pandai mengatur jadwal dan waktu yang aku miliki…
Aku sadar betul, akhir-akhir ini aku memang banyak aktivitas yang membuat hatiku tidak mau mengalihkannya dengan pekerjaan lain, missal ketemu dengan teman-teman, sante bersama keluarga, atau bahkan sesekali berjalan dan bercanda dengan kekasih….
Sebenarnya itu yang belum mampu kukendalikan sekarang…aku takut jika hal ini terus melekat pada diri ku dan bahkan bisa tumbuh di dalam jiwaku, padahal suatu saat aku pasti menjalani hidup berkeluarga, bersama suami dan anak, mungkin sekali aku tidak bisa membahagiakan keluarga ku…kenapa, karena aku terlalu sibuk dengan pekerjaanku…dan jika ini terus dibiarkan pasti aku akan menjadi wanita yang mempunyai karir kebablasen …yang mempunyai emansipasi wanita terlalu berlebihan…
Memang betul aku pengen sekali sukses, impianku adalah aku menjadi wanita karir. Tetapi aku tidak mau jika aku harus mengorbankan semua nya yang kumiliki termasuk kebahagianku…
Dulu aku sempat marah dinasihati sama pacarku…Pada waktu itu kita lagi sms-an, jadi kalau aku marah beliau pasti gag tau…beliau menasihati ku begini “ D’ kalau bisa kerjanya mbok jangan ngoyo-ngoyo, liat keadaan dan kemampuan diri”…begitu…tapi waktu itu aku tetap saja angkuh dengan pendirian ku….mungkin karena terobsesi mengejar karir apa ya…heheehe
Hari ini juga aku telah disadarkan dengan begitu banyak hal yang membuatku lebih bisa menajdi maju..
(to Be Continued)

0 komentar: